Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Tanaman yang Cocok untuk Daerah Tropis Beserta Manfaatnya

Rumah dan pekarangan akan berasa hidup jika ditanam dengan tanaman hias. Tanaman hias akan memberi warna yang dapat menyejukan mata serta menentramkan hati. Rumah jadi nampak cantik dan pastinya terlihat asri.

Merawat tanaman hias juga merupakan salah satu cara melatih keluarga untuk belajar bertanggungjawab. Karena tanaman hias berbeda sekali dengan tanaman biasa yang tidak mudah untuk dirawat sebab tanaman hias memerlukan perawatan dan perhatian lebih.

Tanaman hias mempunyai bermacam karakter yang berbeda-beda, di wilayah tropis di mana terik matahari bisa seharian membuat beberapa tanaman hias tidak dapat bertahan secara baik. Oleh karenanya seorang harus juga memerhatikan tipe tanaman apa yang dapat mereka rawat agar cocok dengan situasi keadaan lingkungan rumah. Berikut ini ada beberapa tanaman hias yang cocok sekali dengan lingkungan beriklim tropis atau lebih tahan terhadap panas matahari:

Lidah Mertua

Lidah mertua atau Sansevieria termasuk salah satu tanaman yang paling populer karena bisa meresap pencemaran udara dalam ruangan. Tanaman ini mempunyai  karakter khas yaiut daun yang agak lebih keras, sukulen, serta tegak membuat seakan seperti pedang yang runcing. Tanaman ini pas sekali hidup di lingkungan panas atau basah sehingga cocok ditanam di dalam atau di luar ruang sekalipun.

Lili Paris

Tanaman yang mempunyai kombinasi warna daun putih serta hijau ini benar-benar pas ditanamkan di dalam maupun luar rumah. Tanaman ini mempunyai kelebihan untuk meresap pencemaran udara hingga membuat udara disekitarnya terasa lebih sehat dan sejuk. Tanaman ini jua dapat tumbuh dalam cuaca panas atau dingin, sehingga tidak masalah ditanam di lokasi yang sedikit tertutup maupun terbuka seperti taman depan rumah.

Tapak Dara

Tapak Dara ialah tanaman yang asal mulanya berasal dari Madagaskar, tetapi sudah banyak menyebar ke wilayah tropis yang lain salah satunya Indonesia. Tapak dara memiliki nama ilmiah Catharanthus roseus(L.) Don, bunga ini sering ditanamkan di pekarangan rumah.

Tanaman ini lebih cocok dittempatkan di ruangan terbuka dan tingginya bisa mencapai dari 0,2 sampai 1 mtr. Tapak dara mempunyai warna mahkota diantaranya putih, biru, merah jambu atau ungu bergantung pada kultivarnya.

Tanaman Krokot

Bunga Krokot atau Portulaca adalah bunga yang umum dipakai untuk menghiasi tanah pekarangan rumah ataupun dipinggir jalan, ia mempunyai bunga yang ukuran kecil dan bertebaran. Bunga ini asal mulanya berasal dari Brasil, Argentina dan Uruguay. Bunga ini benar-benar gampang tumbuh dan pas untuk cuaca tropis atau panas. Perawatan bunga krokot atau portulaca ini lumayan gampang karena kamu tidak harus sering-sering menyiraminya.

Krokot

Daun Krokot ternyata meiliki khasiat kesehatan untuk menangani bermacam penyakit, Bahkan tanpa diketahui banya orang ternyata WHO PBB sudah menunjuk tanaman krokot sebagai emergency treatment yang mungkin bisa jadi alternative untuk dipakai saat genting. Tetapi dibalik manfaatnya rupanya ada efek jika dimakan kebanyakan.

Mungkin sebenarnya kalian sudah familiar dengan tanaman krokot ini tapi kebanyakan orang tidak meliriknya sebagai tanaman hias, karena sering tumbuh dipinggir jalan dan terlihat seperti tanaman liar.

Krokot (Portulaca) adalah tipe tanaman yang masuk ke keluarga Portulacaceae. Krokot mempunyai 40 sampai 100 spesies yang berbeda. Dari untuk yang hiasan sampai yang dapat dikonsumsi dan bermanfaat sebagai obat.

Salah satu jenis tanaman krokot yang dapat dikonsumsi dan diambil khasiat dari daunnya ialah jenis Portulaca oleracea. Tanaman ini dikenali sebagai gulma dan kerap tumbuh liar di seputar rumah, di trotoar jalan sampai di seputar got. Dari sekian banyak khasit tersembunyi tanaman krokot diantarnya sebagai berikut ini:

Memperlancar Peredaran Darah

Kandungan zat besi dan tembaga yang dikandung oleh daun krokot diyakini dapat memicu bertambahnya produksi sel darah merah. Ini jelas akan meningkatkan kandungan oksigen darah dalam tubuh, hingga mampu mempercepat pengobatan dan tingkatkan efektivitas metabolisme.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tanaman Krokot juga ternyata memiliki kandungan asam omega 3 yang sering kali terdapat di dalam ikan laut. Senyawa ini benar-benar bermanfaat untuk tingkatkan peranan mekanisme kardiovaskular dan membasmi klosterol jahat pada tubuh manusia.

Khasiat daun krokot karena mimiliki kandungan kalium yang fungsinya sebagai vasodilator dan bermanfaat kurangi penekanan darah. Oleh sebab itu daun krokot bermanfaat dalam melemaskan dan kurangi kemelut pembuluh darah.

Tanaman Krokot Dapat Mencegah Kanker

Tanaman krokot hijau yang sering kita jumpai juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang berperan sebagai anti-oksidan. Tak terkecuali bermanfaat mencegah radikal bebas, herbal ini baik menahan kanker, terutamanya kanker paru-paru dan kanker mulut.

Posting Komentar untuk "4 Jenis Tanaman yang Cocok untuk Daerah Tropis Beserta Manfaatnya"